Selasa, 05 Februari 2013

Akuntabilitas Kinerja Satker MIN Mekarsari





LAPORAN AKUNTABILITAS KINERJA
(LAK)
MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI
MEKARSARI
TAHUN 2012





KEMENTERIAN AGAMA


MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI MEKARSARI


KABUPATEN BARITO KUALA


2013













DAFTAR ISI


Halaman Sampul .......................................................................................
Daftar Isi...................................................................................................
   Kata Pengantar .........................................................................................    
 Ikhtisar Eksekutif... ....................................................................................  
Hambatan Dan Solusi ................................................................................  
BAB    PENDAHULUAN
A.   Kedudukan, Tugas dan Fungsi....................................      1
B.    Gambaran Keadaan ...................................................     2
C.   Sarana Dan Prasarana................................................     2
BAB    II       RENCANA STRATEJIK
A.   Rencana Stratejik Tahun 2013 ...................................     3
B.    Renacana Kinerja Tahun 2013 ....................................   5
BAB    III      AKUNTABILITAS KINERJA
A.   Uraian Kegiatan Tahun 2012.......................................  6
B.    Evaluasi Kinerja Tahun 2012 ......................................   11
C.   Hambatan Dan Solusi ................................................. 11
D.   Aspek Keuangan ........................................................  12
BAB    IV      PENUTUP
A.   Keberhasilan .............................................................. 13
B.    Kegagalan.................................................................. 13
C.   Kesimpulan................................................................  14
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Pernyataan Penetapan Kinerja Tingkat Satuan Kerja .............................
  Pengukuran Kinerja.............................. ..............................................
Penetapan Kinerja Tingkat Satuan Kerja...............................................
Rencana Kinerja Tahunan ...................................................................







KEMENTERIAN AGAMA
MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI MEKARSARI
Jl. Sekonder Kanan Rt.05 Kec. Mekarsari (70568) Kab. Barito Kuala
Telp/HP 08125165808. E-mail: minmekarsari@kemenag.go.id
Blogg: minmekarsari.blogspot.com

PENETAPAN KINERJA TAHUN 2013

Dalam rangka mewujudkan manajemen pemerintah yang efektif, transparan, dan akuntabel serta berorientasi pada hasil, kami yang bertandatangan dibawah ini:
Nama                     : Abd  Khair, S.Ag, M.Pd.I
Jabatan                  : Kepala MIN Mekarsari
Selanjutnta disebut pihak pertama
Nama                     : M. Arief Rosyadi, S.Pd.I, MM
Jabatan                  : Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama
                               Kab. Barito Kuala
Selanjutnya disebut pihak kedua
Pihak pertama pada tahun 2013 ini berjanji akan mewujudkan target kinerja tahunan sesuai dengan lampiran ini dalam rangka mencapai target kinerja jangka menengah seperti telah ditetapkan dalam dokumen perencanaan. Keberhasilan dan kegagalan pencapaian target kinerja tersebut menjadi tanggung jawab pihak pertama.
Pihak kedua akan memberikan supervisi yang diperlukan serta akan melakukan evaluasi akuntabilitas kinerja terhadap capaian kinerja dari perjanjian ini dan mengambil tindakan yang diperlukan dalam rangka pemberian penghargaan dan sanksi.

                                                              Mekarsari, 31 Januari 2013
Pihak kedua,                                              Pihak pertama,




M. Arief Rosyadi, S.Pd.I, MM                         Abd  Khair, S.Ag, M.Pd.I
NIP.                                                        NIP. 19670130 199402 1  001 








KATA PENGANTAR

Berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor : 507 Tahun 2003 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Satuan Organisasi/ Kerja di Lingkungan Kementerian  Agama, setiap satuan organisasi/ kerja berkewajiban untuk menyusun dan menyampaikan laporan akuntabilitas kinerja pelaksanaan tugas secara tertulis dan periodik.
Madrasah Ibtidaiyah Negeri Mekar Sari Kab. Barito Kuala selaku pemegang DIPA berusaha untuk memenuhi kewajiban tersebut, secara tepat waktu. Laporan tahun-tahun sebelumnya belum mengacu kepada LAKIP secara utuh, tetapi mulai tahun 2005  berpedoman kepada ketentuan yang berlaku.
Laporan ini memuat Akuntabilitas Kinerja Tahun 2012 dan pengukurannya dilengkapi Renstra 2009 – 2014 dan Renja tahun 2013
Demikian laporan ini disampaikan untuk dapat dijadikan bahan evaluasi dan dasar perencanaan tahun berikutnya. Bilamana terdapat kekurangan mohon diberikan pengarahan untuk perbaikan.


       Mekarsari, 31 Januari 2013
       Kepala,
            

       ABD  KHAIR, S.Ag, M.Pd.I
                                                       NIP 19670130 199402 1 001






IKHTISAR EKSEKUTIF

Madrasah Ibtidaiyah Negeri Mekarsari Kab. Barito Kuala berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 16 Tahun 1978 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Madrasah Ibtidaiyah Negeri yang diperbaharui dengan KMA Nomor 174 tahun 2003, terdiri dari :
1.    Kepala
2.    Tata Usaha
3.    Kelompok Fungsional Guru
Mulai Resntra 2009-2014 disusun Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran sebagai berikut :
Visi :
Siswa unggul, berprestasi dan seimbang dalam penguasaan IPTEK dan IMTAQ dengan karakter mandiri.
Misi :
1.    Membina warga sekolah menjadi manusia yang taat ajaran agama
2.    Mewujudkan warga sekolah yang berakhlak mulia
3.    Menggali dan mengembangkan potensi dalam bidang IPTEK
4.    Meningkatkan prestasi dalam bidang olahraga dan seni
5.    Membentuk manusia yang siap bersaing di era globalisasi
6.    Mengembangkan SDM yang handal, relegius
7.    Mengembangkan budaya mutu
8.    Meningkan pelayanan yang oprtimal
9.    Meningkan evaluasi dan perbaikan berkelanjutan
10. Meningkatkan pengawasan dan pengendalian
11. Meningkatkan kualitas pembelajaran.
Tujuan :
1.    Meningkatnya pelaksanaan pendidikan
2.    Meningkatnya pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan
3.    Meningkatnya hubungan kerjasama dengan orang tua siswa dan masyarakat
4.    Meningkatnya administrasi, rumah tangga sekolah, perpustakaan dan laboratorium
Sasaran :
1.    Tercapainya peningkatan pendidikan
2.    Tercapainya Peningkatan bimbingan dan penyuluhan
3.    Tercapainya peningkatan hubungan dengan orang tua siswa dan masyarakat
4.    Tercapainya peningkatan Ketatausahaan, rumah tangga sekolah, perpustakaan dan laboratorium

HAMBATAN DAN SOLUSI

Hambatan yang dihadapi tahun 2012 adalah sebagai berikut :
1. Guru mengajar tidak dengan persiapan yang optimal
2. Medan menuju ke MIN yang cukup berat membuat guru sering terlambat masuk  mengajar
3. Petugas inventaris barang kurang memahami administrasi inventaris barang.
Untuk mengatasi hambatan tersebut dipilih solusi sebagai berikut :
1.  Memotivasi Guru –guru untuk  menyiapkan persiapan mengajar dengan baik/optimal
2.  Guru yang dekat tempat tinggalnya ditugaskan pada jam-jam awal pelajaran
3.  Meminta bimbingan tentang  kepada staf Kandepag inventaris barang
Dalam tahun 2012 Rencana kinerja 2012 memuat 19 macam, sebagai penjabaran dan kebijakan dan program. Keseluruhan kegiatan tersebut dapat dicapai, kecuali masalah guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya dan masalah disiplin sebagian kecil guru / pegawai.
Dalam tahun 2012 telah terekam 5 (lima) macam keberhasilan dan 5 (lima) macam kegagalan, yang akan ditindaklanjuti pada tahun 2013. Oleh karena kebijaksanaan pemerintah bahwa biaya harus berbasis kinerja, maka LAKIP 2012 ini bukan hanya memuat DIPA 2012 tetapi juga dana BOS.  Oleh karena itu Renja 2012 baru dapat disusun pada semester kedua tahun anggaran 2012 dan Renja 2012 akan disusun pada semester kedua tahun anggaran 2013 untuk sinkronisasi ketiga sumber dana tersebut, kecuali Rencana Penggunaan DIPA Tahun 2013.





BAB I
PENDAHULUAN

A.   KEDUDUKAN, TUGAS, DAN FUNGSI
Berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 469 Tahun 2003 tentang perubahan atas Keputusan Menteri Agama Nomor 15 Tahun 1978 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja. Madrasah Ibtidaiyah Negeri ( MIN ) kedudukan, tugas, dan fungsi MIN adalah sebagai berikut :
1.  Kedudukan
Madrasah Ibtidaiyah Negeri adalah unit pelaksana tehnis di bidang pendidikan dalam lingkungan Kementerian Agama,  yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota Cq. Kepala Seksi Madrasah dan Pendidikan Agama Islam pada sekolah Umum.
  1. Tugas
Madrasah Ibtidaiyah Negeri  mempunyai tugas melaksanakan pendidikan dan pengajaran Agama Islam sekurang-kurangnya 30 % sebagai mata pelajaran dasar, disamping pendidikan dan pengajaran umum selama 6 tahun bagi anak-anak yang berumur sekurang-kurangnya 6 ( enam ) tahun.
  1. Fungsi
MIN mempunyai fungsi :
  1. melaksanakan pendidikan tingkat Ibtidaiyah/dasar sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
  2. melaksanakan bimbingan dan penyuluhan bagi murid-murid.
  3. membina hubungan kerja sama dengan orang tua siswa dan masyarakat
  4. melaksanakan tata usaha dan rumah tangga sekolah termasuk Perpustakaan

B.   GAMBARAN KEADAAN
a.   Status
MIN Mekar Sari  ditetapkan sebagai madrasah negeri sejak tahun 1995, nomor 515 A Tahun 1995 tanggal 25 Nopember 1995 sebelumnya  adalah  MIS  Nurul Muslimin  yang  berdiri  tahun  1970
b.   Sumber Daya Manusia
Madrasah Ibtidaiyah Negeri Mekarsari mempunyai guru PNS sebanyak 9 orang, guru honorer/GTT  8 orang,  dan Jumlah murid sebanyak 168 orang terdiri  dari:
a.    Kelas I     :    2 kelas      : 23 orang
b.    Kelas II    :    2 kelas      : 44 orang
c.    Kelas III   :    1 kelas      : 30 orang
d.    Kelas IV   :     1 kelas     :   22 orang
e.    Kelas V    :    1 kelas      :  21 orang
f.     Kelas VI   :    1 kelas      :   28 orang
B.   SARANA DAN PRASARANA
Sarana dan prasarana terdiri dari :
  1. Ruang kelas                         :    7   buah
  2. Ruang kantor Kamad            :    1   buah
  3. Ruang kantor Tata Usaha      :    1   buah
  4. Ruang guru                          :    1   buah
  5. Perpustakaan                       :    1   buah
  6. Laboratorium bahasa            :    1   buah
  7. Ruang UKS                          :    1   buah
  8. Ruang keterampilan/Praktek  : - buah
  9. Ruang komputer                  :    -   buah
Meja kantor   :                     :  11  buah
Meja guru                            :  15  buah
Meja/Kursi murid                  : 168 pasan



BAB II
RENCANA STRATEJIK

A.   RENCANA STRATEJIK TAHUN 2013
1.     Visi
      Siswa unggul, berprestasi dan seimbang dalam penguasaan    IPTEK dan IMTAQ dengan karakter mandiri.
 2.  Misi
1.   Membina warga sekolah menjadi manusia yang taat ajaran agama
2.   Mewujudkan warga sekolah yang berakhlak mulia
3.   Menggali dan mengembangkan potensi dalam bidang IPTEK
4.   Meningkatkan prestasi dalam bidang olahraga dan seni
5.   Membentuk manusia yang siap bersaing di era globalisasi
6.   Mengembangkan SDM yang handal, relegius
7.   Mengembangkan budaya mutu
8.   Meningkan pelayanan yang oprtimal
9.   Meningkatkan  evaluasi dan perbaikan berkelanjutan
10.  Meningkatkan pengawasan dan pengendalian
11.  Meningkatkan kualitas pembelajaran.
3    Tujuan
a.           Meningkatnya pelaksanaan pendidikan
b.          Meningkatnya pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan
c.   Meningkatnya hubungan kerjasama dengan orang tua siswa dan masyarakat
d.  Meningkatnya adminstrasi, rumah tangga sekolah, perpustakaan dan laboratorium
4.   Sasaran
a.    Tercapainya peningkatan pendidikan
b.    Tercapainya Peningkatan bimbingan dan penyuluhan
c.    Tercapainya peningkatan hubungan dengan orang tua siswa dan masyarakat
d.    Tercapainya peningkatan Admistrasi, rumah tangga sekolah, perpustakaan dan laboratorium
5.   Kebijakan
          a. Meningkatkan kualitas  pembelajaran
          b. Meningkatkan situasi  belajar yang menyenangkan
          c. Mengoptimalkan  pran serta Komite Madrasah dan Stakeholders
          d. Mendayagunakan dana, sarana, dan prasarana
6.   Program
a. Peningkatan kompetensi guru, proses belajar mengajar, evaluasi pembelajaran, pengawasan dan pembinaan, dan koordinasi tenaga kependidikan.
b. Peningkatan situasi pembelajaran yang positif
c. Peningkatan kemitraan dengan Komite Madrasah dan Stakeholders
d. Pelayanan ketatausahaan, pemeliharaan, dan pemanfaatan sarana
    dan prasarana.     
 
B. RENCANA KINERJA TAHUN 2013
Dari rencana strategik, dibuat operasionalisasi kegiatan berupa rencana kinerja tahun 2013 sebagai berikut :
1.    Meningkatkan kompetensi guru
2.    Meningkatkan kegiatan belajar mengajar (KBM).
3.    Meninngkatkan evaluasi
4.    Meningkatkan pengawasan dan pembinaan
5.    Meningkatkan Koordinasi Tenaga Kependidikan
6.    Meningkatkan kegiatan ekstra kurikuler
7.    Menciptakan situasi belajar yang menyenangkan
8.    Membimbing siswa yang bermasalah
9.    Menertibkan lingkungan madrasah
10. Menciptakan kerja sama dengan Komite madrasah dan orang tua   siswa
11. Menciptakan kerjasama dengan intansi terkait
12. Menciptakan kerjasama dengan organisasi Profisi / dunia usaha
13. Mengadministrasi penghasilan guru dan pegawai
14. Memberikan kesejahteraan guru dan pegawai
15. Menunjang administrasi kantor
16. Mengelola data siswa
17. Meningkatkan Pengelolaan Perpustakaan
18. Membeli Barang inventaris
19.     Memperbaiki / memelihara sarana/prasaran







BAB III
AKUNTABILITAS KINERJA

A.   URAIAN KEGIATAN TAHUN 2012
  1. Meningkatkan kompetensi
a.    Pelatihan guru tentang KTSP sebanyak 3 kali dengan biaya sebesar Rp. 4.200.000,-
b.    Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) sebanyak 6 kali dengan biaya sebesar Rp. 4.400.000,-
  1. Meningkatan KBM
Dana dari DIPA 2012 sebesar Rp. 19.500.000,- dipergunakan untuk pelaksanaan :
a.    KBM berupa kegiatan  penunjang pendidikan dan pengajaran selama 12 bulan dengan biaya Rp. 17.228.000,-
b.    Praktikum sebanyak 4 kali dengan biaya Rp. 2.272.000,-
3.  Meningkatkan evaluasi.
Dana dari DIPA 2012 sebesar Rp. 20.000.000,- dipergunakan untuk
a.    Ujicoba UN (Ujian Nasional) Rp. 2.000.000,- Oleh karena tidak mencukupi, ditambah dengan dana BOS 2012.
b.    Pelaksanaan UAMBN dengan 10 madrasah binaan 8.600.000
c.    Penyelenggaraan UN untuk 188 peserta sebesar Rp. 9.400.000,-
Dana dari BOS 2012 sebesar Rp. 107.800..000,- dipergunakan untuk
a.    Tambahan ujicoba UN sebesar          Rp.    
b.    Ulangan harian                               Rp.      8.000.000,-
c.    Ulangan semester (ujian blok)          Rp.    11.000.000,-
d.    Ujian praktek                                  Rp.      3 500.000,-
e.    Analisis hasil ulangan/evaluasi           Rp.      3.500.000,-
f.     Remedial dan pengayaan                  Rp.      3.900.000,-
g.    Pengelolaan nilai untuk 188 siswa Rp.    2.800.000,-
h.    Honor Guru Non PNS                       Rp. 51.600.000.-
2.   Meningkatkan Pengawasan dan pembinaan
Dana dari BOS tahun pelajaran 2012 sebesar Rp. 3.500.000,- (setahun) untuk supervisi, pengawasan, dan pembinaan baik oleh kepala madrasah maupun pengawas PAI, dan sisanya untuk tahun 2013.
3.           Meningkatkan Koordinasi tenaga Kependidikan
a.    Rapat-rapat bersama guru dan pegawai sebanyak 12 kali dengan biaya Rp. 2.400.000,-
b.    Peningkatan koordinasi guru dan pegawai berupa  kegiatan pelatihan untuk peningkatan SDM guru dan TU sebanyak 4 kali  dan rapat-rapat setiap bulan dengan biaya sebesar Rp. 2.000.000,-
4.   Melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler
Dana dari DIPA 2012 sebesar Rp. 7.000.000,- dipergunakan untuk kegiatan :
a.    Kegiatan Pramuka  sebesar Rp. 3.600.000,-
b.    Ekstra Kurikuler berupa kegiatan olahraga dan Seni  Rp. 2.4000.000,-
c.    UKS sebesar Rp. 1.000.000,-
Dana dari BOS 2012 sebesar Rp. 2.000.000,- dipergunakan untuk kegiatan Remidial/pengayaan dan Lomba kegamaan/seni.
5.   Menciptakan situasi belajar yang menyenangkan
a.    Pembuatan peta siswa
b.    Pembuatan peta kelas
c.    Penggandaan angket / pormat-pormat
6.           Membimbing siswa yang bermasalah
Dana dari BOS Tahun 2012  Rp 1.000.000 dipergunakan untuk kegiatan kunjungan rumah / home visit.
7.           Menertibkan lingkungan madrasah
Dana dari DIPA Tahun 2012  Rp 7.125.000,- dan     dana     dari    BOS 2012 sebesar Rp. 2.800.000,- dipergunakan untuk kegiatan :
a.    Pembuatan buku saku siswa ( Tata Tertib )   Rp 1.000.000,-
b.    Menggajih Satpam dan Paman sekolah  Rp. 1,800.000,-
8.   Menciptakan kerjasama dengan Komite Madrasah dan orang tua siswa
Dana dari DIPA Tahun 2012  sebesar Rp. 2.000.000,- dipergunakan untuk kegiatan :
a.   Rapat dengan orang tua siswa   Rp 1.50000.000,-
c.    Pembuatan pertanggungjawaban dan transport pengurus Rp 500.000,-
9.            Menciptakan kerjasama dengan instnsi terkait
Dana dari DIPA Tahun 2012  sebesar Rp. 1.000.000,- dipergunakan untuk kegiatan : Transport mengikuti Diklat-diklat
10.        Menciptakan kerjasama dengan organisasi Profisi/dunia usaha
Dana dari BOS 2012 sebesar Rp. 3.000.000,- dipergunakan untuk kegiatan :
a.    MGMP, Seminar, Loka Karya, Training
b.    Membuat daftar nama siswa miskin dan berprestasi untuk diusulkan ke organisasi profisi/dunia usaha agar mendapat bantuan beasiswa
11.  Mengadministrasikan penghasilan guru dan pegawai.
Dalam DIPA 2012 gaji/tunjangan bagi PNS sebesar Rp. 286.800.000,- realisasinya Rp. 298.600.000,-
Dana BOS 2012 sebesar Rp. 1.800.000,- dipergunakan untuk Honor penjaga sekolah /satpam/ tukang kebun sebanyak 1 orang Rp. 3.00.000,-
Sedangkan dari DIPA Tahun 2012 sebesar Rp. 4.200.000,- dipergunakan untuk Insentif guru Rp. 4.200.000,-
12.  Memberikan kesejahteraan guru dan pegawai
Selain penghasilan, DIPA menyediakan kesejahteraan lain yaitu pakaian bagi pesuruh/ sebesar Rp. 3.600.000,-.
Dari DIPA dan BOS Thaun 2012 sebesar Rp. 9.500.000,- dipergunakan untuk :
a.    Konsumsi setahun                    Rp. 6.000.000,-
b.    Bantuan transport                   Rp. 3.000.000,-
c.    Dana sosial                             Rp.    500.000,-
13.  Menunjang administrasi Kantor
Penunjang administrasi untuk kelancaran kegiatan perkantoran dari DIPA 2012 sebesar Rp. 5.130.000,- dipergunakan untuk :
a.    Rapat dan penerimaan tamu     Rp.    550.000,-
b.    Pengiriman surat dan fotocopy Rp.    220.000,-
c.    Barang cetakan                               Rp. 1.000.000,-
d.    Perjalanan dinas                              Rp.  3.360.000,-
Untuk tahun ini disiapkan dana DIPA dan BOS tahun 2012  Rp. 3.550.000,- yaitu untuk pengelolaan administrasi bagi organisasi .
14.  Mengelola Data Siswa
Administrasi kesiswaan dilengkapi dengan dana DIPA 2012 sebesar Rp. 2.442.000,- dipergunakan untuk :
a.    Pembelian raport 250 buah             Rp. 1.692.000,-
b.    Pembelian buku induk 3 buah    Rp.    750.000,-
15. Meningkatkan pengelolaan perpustakaan
Dana dari DIPA 2012 sebesar Rp. 4.500.000,- dipergunakan untuk membeli buku-buku     Perpustakaan    135     buah.     Sedangkan   dana    BOS 2012       berjumlah Rp. 4.500.000,- dipergunakan untuk Membeli buku perpustakaan 100 eks Rp. 4.500.000.  akan dilanjutkan tahun 2012 ( semester 2 tahun anggaran 2012/2013)
16.  Pembelian barang inventaris
Dana DIPA 2012 sebesar Rp. 4.950.000,- untuk membeli lemari pajangan, sedangkan dana  BOS tahun 2012 sebesar Rp. 1.507.200,- dipergunakan untuk pembelian :
a.    Meja guru 31 buah                   Rp. 3.415.000,-
b.    Meja siswa 50 buah                 Rp. 2.550.000,-
c.    Printer 1 buah                         Rp.    450.000,-
d.    Kelengkapan kelas                   Rp     192.200 ,-
17.   Memperbaiki/memelihara sarana/prasarana
Dana DIPA 2012 sebesar Rp. 8.560.000.,- dipergunakan untuk pemeliharaan/ perbaikan teras kelas.
Dana  BOS sebesar Rp. 2.800.000,- dipergunakan untuk :
a.    Perawatan ruangan                  Rp. 1.890.000,-
b.    Cat meja/ kursi siswa               Rp.   .958.000,-
c.    Perbaikan atap                        Rp. 2.000.000,-
d.    Perbaikan pagar                      Rp. 1.900.000,-
e.    Perbaikan komputer                 Rp. 1.900.000,-
f.     Pengecatan ruang kelas            Rp. 1.732.000,-
g.    Perbaikan plafon                     Rp. 1.000.000,-
B.   EVALUASI KINERJA TAHUN 2012
1. Pengukuran Kinerja Kegiatan
Dari 19 kegiatan yang dilaksanakan, prosentasi pengukuran kinerja kegiatan sebagai   berikut :
a. Input mencapai     100 %
b. Output mencapai  100 %
c. Result mencapai   100 %
d. Benefit dan Impact tidak dapat diukur karena memerlukan waktu  pengukuran yang    lama.
            Rincian pengukuran kinerja kegiatan secara lengkap sebagaimana terlampir.
2. Pengukuran Pencapaian Sasaran
          Dari pengukuran kinerja kegiatan sebagaimana di atas, maka pencapaian sasaran  untuk tahun 2010 sebagai berikut :
a.      Output  100 % 
b.     Result   100 %
          Pengukuran Pencapaian Sasaran (PPS) secara rinci sebagaimana tercantum dalam    lampiran.

C.   HAMBATAN DAN SOLUSI
Hambatan yang dihadapi tahun 2012 adalah sebagai berikut :
1. Guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar pendidikan.
2. Sebanyak 3 orang guru yang berpendidikan SLTA
3. Petugas inventaris barang kurang memahami administrasi inventaris barang.
4. Pengganti bendahara yang sekarang belum siap, sehingga bendahara yang lama masih menjabat dan sudah melebihi masa jabatannya.
Untuk mengatasi hambatan tersebut dipilih solusi sebagai berikut :
2.  Menghonor guru bidang studi yang sesuai dengan latar pendidikan.
3.  Mengikuti Program penyeteraan  atau S.1
4.  Meminta bimbingan tentang  kepada staf Kandepag inventaris barang
5.  Bendahara sekarang memberikan bimbingan secara berkala kepada bendadahara yang nanntinya ditunjuk



D.   ASPEK KEUANGAN

Terdiri dari :
1.    DIPA
2.    BOS
3.    BSM
Dengan  realisiasi anggaran  sebagai  berikut  :
No
Anggaran
Penerimaan (Rp.)
Pengeluaran (Rp.)
Sisa (Rp.)

488.747.000.-
488.747.000
488.747.000
-
























BAB IV

PENUTUP


A. KEBERHASILAN
  1. Dapat melaksanakan KTSP kelas I s/d 6
  2. Meningkatnya kelulusan siswa dalam UAN yaitu dari passing grade tahun 2011/2-12 4,01 menjadi 4,06 ternyata tetap lulus 100%. Nilai rata-rata tahun 2011/2012 adalah 7,64 (tertinggi 8,80 dan terendah 6,49).
  3. Hasil akreditasi 2009 nilai yang diperoleh dengan predikat C
  4. Prestasi siswa:
§  Juara I tarik tambang tingkat kecamatan
§  Juara II lomba PBB
§  Juara III Lomba azan lomba tingkat SMA
§  Juara III Perkemahan tingkat kecamatan
§  Juara III Sepak Bola antar siswa SD/MI Se Kec. Mekarsari dan Tamban
  1. Minat masyarakat untuk menyekolahkan anak di MTsN dan Pondok Pesentren  meningkat lebih dari 40%.
B. KEGAGALAN
  1. Disiplin belum sepenuhnya tercapai.
  2. Pegawai meninggalkan tugas  belum teratasi.
  3. Partisipsi siswa dalam ekstra kurikuler belum mencapai 100%.
  4. Belum meratanya sosialisasi KTSP
  5. Masih ada guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya.
E.   KESIMPULAN
Sebagian besar program kinerja tahun 2012 telah tercapai. Kegagalan di tahun 2011 akan dibenahi pada tahun 2013. Penggunaan dana BOS 2012 yang sifatnya berlanjut akan dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan pada tahun 2013.



























            





Tidak ada komentar:

Posting Komentar