LAPORAN AKUNTABILITAS KINERJA
(LAK)
MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI
MEKARSARI
TAHUN 2012
KEMENTERIAN AGAMA
MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI MEKARSARI
KABUPATEN BARITO KUALA
2013
DAFTAR ISI
Halaman Sampul .......................................................................................
Daftar Isi...................................................................................................
Kata Pengantar .........................................................................................
Ikhtisar Eksekutif... ....................................................................................
Hambatan Dan Solusi ................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A.
Kedudukan, Tugas dan Fungsi.................................... 1
B.
Gambaran Keadaan ................................................... 2
C.
Sarana Dan Prasarana................................................
2
BAB II RENCANA STRATEJIK
A.
Rencana Stratejik Tahun 2013 ................................... 3
B.
Renacana Kinerja Tahun 2013 .................................... 5
BAB III AKUNTABILITAS KINERJA
A.
Uraian Kegiatan Tahun 2012....................................... 6
B.
Evaluasi Kinerja Tahun 2012 ...................................... 11
C.
Hambatan Dan Solusi ................................................. 11
D.
Aspek Keuangan ........................................................ 12
BAB IV PENUTUP
A.
Keberhasilan .............................................................. 13
B.
Kegagalan.................................................................. 13
C.
Kesimpulan................................................................ 14
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Pernyataan Penetapan Kinerja Tingkat Satuan Kerja .............................
Pengukuran Kinerja.............................. ..............................................
Penetapan Kinerja Tingkat Satuan Kerja...............................................
Rencana Kinerja Tahunan ...................................................................
KEMENTERIAN
AGAMA
MADRASAH
IBTIDAIYAH NEGERI MEKARSARI
Jl.
Sekonder Kanan Rt.05 Kec. Mekarsari (70568) Kab.
Barito Kuala
Telp/HP 08125165808. E-mail: minmekarsari@kemenag.go.id
Blogg: minmekarsari.blogspot.com
PENETAPAN KINERJA TAHUN 2013
Dalam rangka mewujudkan manajemen pemerintah yang
efektif, transparan, dan akuntabel serta berorientasi pada hasil, kami yang
bertandatangan dibawah ini:
Nama :
Abd Khair, S.Ag, M.Pd.I
Jabatan :
Kepala MIN Mekarsari
Selanjutnta disebut pihak pertama
Nama :
M. Arief Rosyadi, S.Pd.I, MM
Jabatan :
Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama
Kab. Barito Kuala
Selanjutnya disebut pihak kedua
Pihak pertama pada tahun 2013 ini berjanji akan
mewujudkan target kinerja tahunan sesuai dengan lampiran ini dalam rangka
mencapai target kinerja jangka menengah seperti telah ditetapkan dalam dokumen
perencanaan. Keberhasilan dan kegagalan pencapaian target kinerja tersebut
menjadi tanggung jawab pihak pertama.
Pihak kedua akan memberikan supervisi yang diperlukan
serta akan melakukan evaluasi akuntabilitas kinerja terhadap capaian kinerja
dari perjanjian ini dan mengambil tindakan yang diperlukan dalam rangka pemberian
penghargaan dan sanksi.
Mekarsari, 31 Januari 2013
Pihak kedua, Pihak pertama,
M. Arief Rosyadi, S.Pd.I, MM Abd
Khair, S.Ag, M.Pd.I
NIP. NIP. 19670130 199402 1 001
KATA
PENGANTAR
Berdasarkan Keputusan Menteri Agama
Nomor : 507 Tahun 2003 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyusunan Laporan
Akuntabilitas Kinerja Satuan Organisasi/ Kerja di Lingkungan Kementerian Agama, setiap satuan organisasi/ kerja
berkewajiban untuk menyusun dan menyampaikan laporan akuntabilitas kinerja
pelaksanaan tugas secara tertulis dan periodik.
Madrasah Ibtidaiyah
Negeri Mekar Sari Kab. Barito Kuala selaku pemegang DIPA berusaha untuk
memenuhi kewajiban tersebut, secara tepat waktu. Laporan tahun-tahun sebelumnya
belum mengacu kepada LAKIP secara utuh, tetapi mulai tahun 2005 berpedoman kepada ketentuan yang berlaku.
Laporan ini memuat Akuntabilitas Kinerja Tahun 2012 dan
pengukurannya dilengkapi Renstra 2009 – 2014 dan Renja tahun 2013
Demikian laporan ini disampaikan untuk dapat dijadikan bahan evaluasi dan
dasar perencanaan tahun berikutnya. Bilamana terdapat kekurangan mohon
diberikan pengarahan untuk perbaikan.
Mekarsari, 31 Januari 2013
Kepala,
ABD KHAIR, S.Ag, M.Pd.I
NIP 19670130 199402 1
001
IKHTISAR
EKSEKUTIF
Madrasah Ibtidaiyah
Negeri Mekarsari Kab. Barito Kuala berdasarkan Keputusan Menteri Agama
Nomor 16 Tahun 1978 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Madrasah Ibtidaiyah
Negeri yang diperbaharui dengan KMA Nomor 174 tahun 2003, terdiri dari :
1.
Kepala
2.
Tata
Usaha
3.
Kelompok
Fungsional Guru
Mulai Resntra 2009-2014 disusun Visi, Misi,
Tujuan dan Sasaran sebagai berikut :
Visi :
Siswa unggul,
berprestasi dan seimbang dalam penguasaan IPTEK dan IMTAQ dengan karakter
mandiri.
Misi :
1.
Membina warga
sekolah menjadi manusia yang taat ajaran agama
2.
Mewujudkan warga sekolah yang berakhlak mulia
3.
Menggali dan mengembangkan potensi dalam bidang IPTEK
4.
Meningkatkan prestasi dalam bidang olahraga dan seni
5.
Membentuk manusia yang siap bersaing di era globalisasi
6.
Mengembangkan SDM yang handal, relegius
7.
Mengembangkan budaya mutu
8.
Meningkan pelayanan yang oprtimal
9.
Meningkan evaluasi dan perbaikan berkelanjutan
10.
Meningkatkan pengawasan dan pengendalian
11.
Meningkatkan kualitas pembelajaran.
Tujuan :
1.
Meningkatnya
pelaksanaan pendidikan
2.
Meningkatnya
pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan
3.
Meningkatnya hubungan kerjasama dengan orang tua siswa
dan masyarakat
4.
Meningkatnya administrasi, rumah tangga sekolah, perpustakaan dan laboratorium
Sasaran :
1.
Tercapainya
peningkatan pendidikan
2.
Tercapainya
Peningkatan bimbingan dan penyuluhan
3.
Tercapainya peningkatan hubungan dengan orang tua siswa
dan masyarakat
4.
Tercapainya peningkatan Ketatausahaan, rumah tangga
sekolah, perpustakaan dan laboratorium
HAMBATAN DAN SOLUSI
Hambatan
yang dihadapi tahun 2012 adalah sebagai berikut :
1. Guru mengajar
tidak dengan persiapan yang optimal
2. Medan menuju
ke MIN yang cukup berat membuat guru sering terlambat masuk mengajar
3. Petugas
inventaris barang kurang memahami administrasi inventaris barang.
Untuk
mengatasi hambatan tersebut dipilih solusi sebagai berikut :
1. Memotivasi
Guru –guru untuk menyiapkan persiapan
mengajar dengan baik/optimal
2. Guru
yang dekat tempat tinggalnya ditugaskan pada jam-jam awal pelajaran
3. Meminta
bimbingan tentang kepada staf Kandepag
inventaris barang
Dalam tahun 2012 Rencana kinerja 2012 memuat 19 macam, sebagai penjabaran dan kebijakan dan
program. Keseluruhan
kegiatan tersebut dapat dicapai, kecuali masalah guru yang mengajar tidak
sesuai dengan latar belakang pendidikannya dan masalah disiplin sebagian kecil
guru / pegawai.
Dalam tahun 2012 telah terekam 5 (lima)
macam keberhasilan dan 5 (lima) macam kegagalan, yang akan ditindaklanjuti pada
tahun 2013. Oleh karena kebijaksanaan
pemerintah bahwa biaya harus berbasis kinerja, maka LAKIP 2012 ini bukan hanya memuat
DIPA 2012 tetapi
juga dana BOS. Oleh karena itu Renja 2012 baru dapat disusun pada
semester kedua tahun anggaran 2012
dan Renja 2012 akan
disusun pada semester kedua tahun anggaran 2013 untuk sinkronisasi ketiga sumber
dana tersebut, kecuali Rencana Penggunaan DIPA Tahun 2013.
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
KEDUDUKAN,
TUGAS, DAN FUNGSI
Berdasarkan Keputusan
Menteri Agama Nomor 469 Tahun 2003 tentang perubahan atas Keputusan Menteri
Agama Nomor 15 Tahun 1978 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja. Madrasah Ibtidaiyah
Negeri ( MIN ) kedudukan, tugas, dan fungsi MIN adalah sebagai berikut :
1. Kedudukan
Madrasah
Ibtidaiyah Negeri adalah unit pelaksana tehnis di bidang pendidikan dalam
lingkungan Kementerian
Agama, yang berada di bawah dan
bertanggung jawab kepada Kepala Kantor Kementerian
Agama Kabupaten/Kota Cq. Kepala Seksi Madrasah dan Pendidikan
Agama Islam pada sekolah Umum.
- Tugas
Madrasah
Ibtidaiyah Negeri mempunyai tugas
melaksanakan pendidikan dan pengajaran Agama Islam sekurang-kurangnya 30 %
sebagai mata pelajaran dasar, disamping pendidikan dan pengajaran umum selama 6
tahun bagi anak-anak yang berumur sekurang-kurangnya 6 ( enam ) tahun.
- Fungsi
MIN mempunyai
fungsi :
- melaksanakan pendidikan tingkat Ibtidaiyah/dasar sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
- melaksanakan bimbingan dan penyuluhan bagi murid-murid.
- membina hubungan kerja sama dengan orang tua siswa dan masyarakat
- melaksanakan tata usaha dan rumah tangga sekolah termasuk Perpustakaan
B. GAMBARAN KEADAAN
a.
Status
MIN Mekar Sari
ditetapkan sebagai madrasah negeri sejak
tahun 1995, nomor 515 A Tahun 1995 tanggal 25 Nopember 1995 sebelumnya adalah
MIS Nurul Muslimin yang
berdiri tahun 1970
b.
Sumber
Daya Manusia
Madrasah
Ibtidaiyah Negeri Mekarsari
mempunyai guru PNS sebanyak 9
orang, guru honorer/GTT 8 orang, dan Jumlah murid sebanyak 168 orang terdiri dari:
a.
Kelas
I : 2
kelas : 23 orang
b.
Kelas
II : 2 kelas : 44 orang
c.
Kelas
III : 1
kelas : 30 orang
d.
Kelas
IV :
1 kelas : 22
orang
e.
Kelas
V : 1
kelas : 21 orang
f.
Kelas
VI : 1
kelas : 28
orang
B.
SARANA
DAN PRASARANA
Sarana dan prasarana terdiri dari :
- Ruang kelas : 7 buah
- Ruang kantor Kamad : 1 buah
- Ruang kantor Tata Usaha : 1 buah
- Ruang guru : 1 buah
- Perpustakaan : 1 buah
- Laboratorium bahasa : 1 buah
- Ruang UKS : 1 buah
- Ruang keterampilan/Praktek : - buah
- Ruang komputer : - buah
Meja kantor : : 11 buah
Meja
guru : 15
buah
Meja/Kursi
murid : 168 pasan
BAB
II
RENCANA
STRATEJIK
A.
RENCANA
STRATEJIK TAHUN 2013
1.
Visi
Siswa unggul,
berprestasi dan seimbang dalam penguasaan
IPTEK dan IMTAQ dengan karakter mandiri.
2. Misi
1.
Membina warga
sekolah menjadi manusia yang taat ajaran agama
2.
Mewujudkan warga
sekolah yang berakhlak mulia
3.
Menggali dan
mengembangkan potensi dalam bidang IPTEK
4.
Meningkatkan
prestasi dalam bidang olahraga dan seni
5.
Membentuk manusia
yang siap bersaing di era globalisasi
6.
Mengembangkan SDM
yang handal, relegius
7.
Mengembangkan
budaya mutu
8.
Meningkan
pelayanan yang oprtimal
9.
Meningkatkan evaluasi dan perbaikan berkelanjutan
10.
Meningkatkan pengawasan dan pengendalian
11.
Meningkatkan kualitas pembelajaran.
3
Tujuan
a.
Meningkatnya
pelaksanaan pendidikan
b.
Meningkatnya
pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan
c.
Meningkatnya hubungan kerjasama dengan orang tua siswa
dan masyarakat
d.
Meningkatnya adminstrasi, rumah tangga sekolah, perpustakaan dan laboratorium
4.
Sasaran
a.
Tercapainya
peningkatan pendidikan
b.
Tercapainya
Peningkatan bimbingan dan penyuluhan
c.
Tercapainya peningkatan hubungan dengan orang tua siswa
dan masyarakat
d.
Tercapainya peningkatan Admistrasi, rumah tangga
sekolah, perpustakaan dan laboratorium
5.
Kebijakan
b. Meningkatkan
situasi belajar yang menyenangkan
c. Mengoptimalkan pran serta Komite Madrasah dan Stakeholders
d. Mendayagunakan
dana, sarana, dan prasarana
6.
Program
a.
Peningkatan kompetensi guru, proses belajar mengajar, evaluasi pembelajaran,
pengawasan dan pembinaan, dan koordinasi tenaga kependidikan.
c. Peningkatan kemitraan dengan Komite Madrasah dan Stakeholders
d. Pelayanan ketatausahaan, pemeliharaan, dan pemanfaatan sarana
dan prasarana.
B. RENCANA KINERJA TAHUN 2013
Dari rencana strategik, dibuat operasionalisasi kegiatan berupa rencana
kinerja tahun 2013 sebagai berikut :
1.
Meningkatkan
kompetensi guru
2.
Meningkatkan kegiatan belajar mengajar (KBM).
3.
Meninngkatkan
evaluasi
4.
Meningkatkan
pengawasan dan pembinaan
5.
Meningkatkan
Koordinasi Tenaga Kependidikan
6.
Meningkatkan kegiatan ekstra kurikuler
7.
Menciptakan
situasi belajar yang menyenangkan
8.
Membimbing
siswa yang bermasalah
9.
Menertibkan
lingkungan madrasah
10.
Menciptakan kerja sama dengan Komite madrasah dan orang
tua siswa
11.
Menciptakan
kerjasama dengan intansi terkait
12.
Menciptakan kerjasama dengan organisasi Profisi / dunia
usaha
13.
Mengadministrasi
penghasilan guru dan pegawai
14.
Memberikan
kesejahteraan guru dan pegawai
15.
Menunjang
administrasi kantor
16.
Mengelola
data siswa
17.
Meningkatkan
Pengelolaan Perpustakaan
18.
Membeli
Barang inventaris
19.
Memperbaiki
/ memelihara sarana/prasaran
BAB
III
AKUNTABILITAS
KINERJA
A.
URAIAN
KEGIATAN TAHUN 2012
- Meningkatkan kompetensi
a.
Pelatihan guru tentang KTSP sebanyak 3 kali
dengan biaya sebesar Rp. 4.200.000,-
b.
Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) sebanyak 6 kali
dengan biaya sebesar Rp. 4.400.000,-
- Meningkatan KBM
Dana dari DIPA 2012 sebesar Rp. 19.500.000,- dipergunakan untuk
pelaksanaan :
a.
KBM berupa kegiatan penunjang pendidikan dan pengajaran selama 12
bulan dengan biaya Rp. 17.228.000,-
b.
Praktikum sebanyak 4 kali dengan biaya Rp. 2.272.000,-
3. Meningkatkan evaluasi.
Dana dari DIPA 2012 sebesar Rp. 20.000.000,- dipergunakan untuk
a.
Ujicoba UN (Ujian Nasional) Rp. 2.000.000,- Oleh karena
tidak mencukupi, ditambah dengan dana BOS 2012.
b.
Pelaksanaan UAMBN dengan 10 madrasah binaan 8.600.000
c.
Penyelenggaraan UN untuk 188 peserta sebesar
Rp. 9.400.000,-
Dana dari BOS 2012 sebesar Rp. 107.800..000,-
dipergunakan untuk
a.
Tambahan ujicoba UN sebesar Rp.
b.
Ulangan
harian Rp. 8.000.000,-
c.
Ulangan semester (ujian blok) Rp. 11.000.000,-
d.
Ujian
praktek Rp. 3
500.000,-
e.
Analisis
hasil ulangan/evaluasi Rp. 3.500.000,-
f.
Remedial
dan pengayaan Rp. 3.900.000,-
g.
Pengelolaan nilai untuk 188 siswa Rp. 2.800.000,-
h.
Honor Guru Non PNS Rp.
51.600.000.-
2.
Meningkatkan
Pengawasan dan pembinaan
Dana dari BOS tahun
pelajaran 2012
sebesar Rp. 3.500.000,- (setahun) untuk supervisi, pengawasan, dan pembinaan
baik oleh kepala madrasah maupun pengawas PAI, dan sisanya untuk tahun 2013.
3.
Meningkatkan
Koordinasi tenaga Kependidikan
a.
Rapat-rapat bersama guru dan pegawai sebanyak 12 kali
dengan biaya Rp. 2.400.000,-
b.
Peningkatan koordinasi guru dan pegawai berupa kegiatan pelatihan untuk peningkatan SDM guru
dan TU sebanyak 4 kali dan rapat-rapat
setiap bulan dengan biaya sebesar Rp. 2.000.000,-
4.
Melaksanakan
kegiatan ekstra kurikuler
Dana dari DIPA 2012 sebesar Rp. 7.000.000,-
dipergunakan untuk kegiatan :
a.
Kegiatan
Pramuka sebesar Rp. 3.600.000,-
b.
Ekstra Kurikuler berupa kegiatan olahraga dan Seni Rp. 2.4000.000,-
c.
UKS
sebesar Rp. 1.000.000,-
Dana dari BOS 2012 sebesar Rp. 2.000.000,- dipergunakan untuk kegiatan
Remidial/pengayaan dan Lomba kegamaan/seni.
5.
Menciptakan
situasi belajar yang menyenangkan
a.
Pembuatan
peta siswa
b.
Pembuatan
peta kelas
c.
Penggandaan
angket / pormat-pormat
6.
Membimbing
siswa yang bermasalah
Dana dari BOS Tahun 2012 Rp
1.000.000 dipergunakan untuk kegiatan kunjungan rumah / home visit.
7.
Menertibkan
lingkungan madrasah
Dana dari DIPA Tahun 2012 Rp
7.125.000,- dan dana dari BOS 2012 sebesar Rp. 2.800.000,-
dipergunakan untuk kegiatan :
a.
Pembuatan buku saku siswa ( Tata Tertib ) Rp 1.000.000,-
b.
Menggajih
Satpam dan Paman sekolah Rp. 1,800.000,-
8.
Menciptakan kerjasama dengan Komite Madrasah dan orang
tua siswa
Dana dari DIPA Tahun
2012 sebesar Rp. 2.000.000,- dipergunakan untuk
kegiatan :
a. Rapat dengan orang tua siswa Rp
1.50000.000,-
c. Pembuatan
pertanggungjawaban dan transport pengurus Rp 500.000,-
9.
Menciptakan
kerjasama dengan instnsi terkait
Dana dari DIPA
Tahun 2012 sebesar Rp. 1.000.000,-
dipergunakan untuk kegiatan : Transport
mengikuti Diklat-diklat
10.
Menciptakan kerjasama dengan organisasi Profisi/dunia
usaha
Dana dari BOS 2012 sebesar Rp. 3.000.000,-
dipergunakan untuk kegiatan :
a. MGMP,
Seminar, Loka Karya, Training
b. Membuat
daftar nama siswa miskin dan berprestasi untuk diusulkan ke organisasi
profisi/dunia usaha agar mendapat bantuan beasiswa
11.
Mengadministrasikan penghasilan guru dan pegawai.
Dalam DIPA 2012 gaji/tunjangan bagi PNS sebesar Rp. 286.800.000,-
realisasinya Rp. 298.600.000,-
Dana BOS 2012 sebesar Rp. 1.800.000,- dipergunakan untuk Honor
penjaga sekolah /satpam/ tukang kebun sebanyak 1 orang Rp. 3.00.000,-
Sedangkan dari DIPA Tahun 2012 sebesar Rp. 4.200.000,- dipergunakan untuk Insentif guru Rp. 4.200.000,-
12.
Memberikan
kesejahteraan guru dan pegawai
Selain
penghasilan, DIPA menyediakan kesejahteraan lain yaitu pakaian bagi pesuruh/
sebesar Rp. 3.600.000,-.
Dari DIPA dan BOS Thaun 2012 sebesar Rp. 9.500.000,-
dipergunakan untuk :
a.
Konsumsi
setahun Rp. 6.000.000,-
b.
Bantuan
transport Rp. 3.000.000,-
c.
Dana
sosial Rp. 500.000,-
13.
Menunjang
administrasi Kantor
Penunjang administrasi untuk kelancaran kegiatan perkantoran dari DIPA 2012 sebesar
Rp. 5.130.000,- dipergunakan untuk :
a.
Rapat dan penerimaan tamu Rp. 550.000,-
b.
Pengiriman surat dan fotocopy Rp. 220.000,-
c.
Barang
cetakan Rp. 1.000.000,-
d.
Perjalanan
dinas Rp.
3.360.000,-
Untuk
tahun ini disiapkan dana DIPA dan BOS tahun 2012 Rp. 3.550.000,- yaitu untuk pengelolaan
administrasi bagi organisasi .
14.
Mengelola
Data Siswa
Administrasi kesiswaan dilengkapi dengan dana DIPA 2012 sebesar
Rp. 2.442.000,- dipergunakan untuk :
a.
Pembelian
raport 250 buah Rp. 1.692.000,-
b.
Pembelian
buku induk 3 buah Rp. 750.000,-
15.
Meningkatkan
pengelolaan perpustakaan
Dana dari DIPA
2012 sebesar
Rp. 4.500.000,- dipergunakan untuk membeli buku-buku Perpustakaan 135
buah. Sedangkan
dana BOS 2012 berjumlah Rp. 4.500.000,- dipergunakan untuk Membeli
buku perpustakaan 100 eks Rp. 4.500.000. akan dilanjutkan tahun 2012 ( semester
2 tahun anggaran 2012/2013)
16.
Pembelian
barang inventaris
Dana DIPA 2012 sebesar Rp. 4.950.000,- untuk membeli lemari
pajangan, sedangkan dana BOS tahun 2012 sebesar Rp. 1.507.200,-
dipergunakan untuk pembelian :
a.
Meja
guru 31 buah Rp. 3.415.000,-
b.
Meja
siswa 50 buah Rp. 2.550.000,-
c.
Printer
1 buah Rp. 450.000,-
d.
Kelengkapan
kelas Rp 192.200 ,-
17.
Memperbaiki/memelihara
sarana/prasarana
Dana DIPA 2012 sebesar Rp. 8.560.000.,- dipergunakan untuk
pemeliharaan/ perbaikan teras kelas.
Dana BOS sebesar Rp. 2.800.000,-
dipergunakan untuk :
a.
Perawatan
ruangan Rp. 1.890.000,-
b.
Cat meja/ kursi siswa Rp. .958.000,-
c.
Perbaikan
atap Rp. 2.000.000,-
d.
Perbaikan
pagar Rp. 1.900.000,-
e.
Perbaikan
komputer Rp. 1.900.000,-
f.
Pengecatan
ruang kelas Rp. 1.732.000,-
g.
Perbaikan
plafon Rp. 1.000.000,-
B.
EVALUASI
KINERJA TAHUN 2012
1.
Pengukuran Kinerja Kegiatan
Dari 19 kegiatan yang dilaksanakan, prosentasi pengukuran kinerja kegiatan
sebagai berikut :
a. Input mencapai 100 %
b. Output mencapai 100 %
c. Result mencapai 100 %
d. Benefit dan Impact tidak dapat diukur karena memerlukan
waktu pengukuran
yang lama.
Rincian
pengukuran kinerja kegiatan secara lengkap sebagaimana terlampir.
2. Pengukuran Pencapaian Sasaran
Dari
pengukuran kinerja kegiatan sebagaimana di atas, maka pencapaian sasaran untuk tahun 2010 sebagai berikut :
a.
Output
100 %
b.
Result 100 %
Pengukuran Pencapaian Sasaran (PPS) secara rinci sebagaimana tercantum
dalam lampiran.
C.
HAMBATAN
DAN SOLUSI
Hambatan
yang dihadapi tahun 2012
adalah sebagai berikut :
1. Guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar pendidikan.
2. Sebanyak 3 orang guru yang berpendidikan SLTA
3. Petugas inventaris barang kurang memahami administrasi
inventaris barang.
4. Pengganti bendahara yang sekarang belum siap, sehingga
bendahara yang lama masih menjabat dan sudah melebihi masa jabatannya.
Untuk mengatasi hambatan tersebut dipilih solusi sebagai berikut :
2. Menghonor
guru bidang studi yang sesuai dengan latar pendidikan.
3. Mengikuti
Program penyeteraan atau S.1
4. Meminta
bimbingan tentang kepada staf Kandepag
inventaris barang
5. Bendahara
sekarang memberikan bimbingan secara berkala kepada bendadahara yang nanntinya
ditunjuk
D. ASPEK KEUANGAN
Terdiri
dari :
1.
DIPA
2.
BOS
3.
BSM
Dengan realisiasi anggaran sebagai
berikut :
No
|
Anggaran
|
Penerimaan
(Rp.)
|
Pengeluaran
(Rp.)
|
Sisa
(Rp.)
|
|
488.747.000.-
|
488.747.000
|
488.747.000
|
-
|
BAB IV
PENUTUP
A. KEBERHASILAN
- Dapat melaksanakan KTSP kelas I s/d 6
- Meningkatnya kelulusan siswa dalam UAN yaitu dari passing grade tahun 2011/2-12 4,01 menjadi 4,06 ternyata tetap lulus 100%. Nilai rata-rata tahun 2011/2012 adalah 7,64 (tertinggi 8,80 dan terendah 6,49).
- Hasil akreditasi 2009 nilai yang diperoleh dengan predikat C
- Prestasi siswa:
§ Juara I
tarik tambang tingkat kecamatan
§ Juara II lomba PBB
§ Juara III Lomba
azan lomba tingkat SMA
§ Juara III
Perkemahan tingkat kecamatan
§ Juara III Sepak
Bola antar siswa SD/MI Se Kec. Mekarsari dan Tamban
- Minat masyarakat untuk menyekolahkan anak di MTsN dan Pondok Pesentren meningkat lebih dari 40%.
B.
KEGAGALAN
- Disiplin belum sepenuhnya tercapai.
- Pegawai meninggalkan tugas belum teratasi.
- Partisipsi siswa dalam ekstra kurikuler belum mencapai 100%.
- Belum meratanya sosialisasi KTSP
- Masih ada guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya.
E.
KESIMPULAN
Sebagian besar
program kinerja tahun 2012
telah tercapai. Kegagalan di tahun 2011
akan dibenahi pada tahun 2013.
Penggunaan dana BOS 2012
yang sifatnya berlanjut akan dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan pada tahun
2013.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar